Cara Menghitung Kebutuhan Volume Beton Untuk Sebuah Bangunan

Cara menghitung kebutuhan volume beton untuk pengecoran , hai sobat engginering , kali ini kita akan membahas lagi mengenai dunia teknik sipil

Konten [Tampil]

 

Cara Menghitung Kebutuhan Volume Beton Pengecoran

Cara menghitung kebutuhan volume beton

Baca juga : Cara belajar AutoCad dari 0

Cara menghitung kebutuhan volume beton untuk pengecoran , hai sobat engginering , kali ini kita akan membahas lagi mengenai dunia teknik sipil atau dunianya anak proyek , artikel kali ini kita akan belajar bagaimana sih cara menghitung kebutuhan volume beton untuk pengecoran suatu pekerjaan dilapangan , artikel yang kita tulis ini bukan bertujuan untuk menggurui siapapun , namun hanya sekedar sharing ilmu , mungkin aku sebagai penulisnya masih banyak kekurangan jadi jangan bosan untuk selalu memberikan kritik dan saran pada kolom komentar.

Apa sih Jenis - Jenis Beton ?

Untuk beton itu sendiri memiliki banyak Khulitas yang biasa disebut dengan K-xxx ( mutu beton ) , untuk pada umumnya Khualitas beton itu sering digunakan K-175 untuk lantai kerja , K-300 s/d K-350 untuk kolom struktur , bahkan ada juga yang menggunakan beton dengan khualitas K-500 untuk konstruksi , ini semua tergantung dengan speksifikasi dari bangunan itu sendiri.

Apa sih yang membedakan Khualitas Beton ?

Khualitas beton dibedakan dari campuran masing-masing material yang digunakan dalam membuat beton itu sendiri , baik Semen ( PC ) : Pasir ( Ps ) : Koral , nah untuk kalian sudah tau belum berapa campuran beton untuk khualitas beton K-175 , K-225  , K-300 dan K-350 , jika belum mungkin kalian bisa searching di Google mengenai campuran itu sendiri.

Bagaimana Cara Menghitung Kebutuhan Volume Beton ?

Untuk menghitung kebutuhan volume beton itu , sama seperti rumus pada umumnya , namun untuk menghitung volume tersebut , mungkin kita akan seru jika kita belajar dengan sebuah cerita ya.

Diceritakan Budhi seorang pelaksana akan melakukan pengecoran untuk plat lantai di proyek rumah yang sedang ia awasi , untuk luasan plat lantai rumah itu sendiri meliki Panjang 10m , Tebal Plat Lantai 20cm dan Lebar 8,5m , jadi berapakah volume yang harus budhi sediakan untuk mengecor plat lantai rumah itu ?

Dari kasus diatas , tentu kita sudah sedikit memiliki gambaran mengenai cara menghitung kebutuhan volume beton pada plat lantai yang akan di cor , langsung saja kita akan membahas secara singkat cara menghitung volume beton tersebut.

Diketahui bahwa  : 
- Panjang : 10,0 m
- Lebar     : 8,50 m
- Tebal      : 0,20 m

Perhitung Volume : 
- Panjang x Lebar x Tebal 
- 10,00 x 8,50 x 0,20 = 17 m3 total kebutuhan volume beton.

Nah untuk kebutuhan pengecoran Plat lantai adalah 17 m3 , namun untuk menyiasati kekurangan kalian bisa mengalikan Volume total tsb x 10% ya.

Tidak ada komentar untuk "Cara Menghitung Kebutuhan Volume Beton Untuk Sebuah Bangunan"