Saham turun ? Inilah cara menyikapi ketika saham turun

Waduh saham turun lagi nih , apa yang harus dilakukan dan bagaimana cara menyikapi ketika saham kita turun seperti ini ya ? perlukah kita menjual saham kita ?

Konten [Tampil]

Aduh Gawat Saham Turun Lagi , bagaimana ini ?

saham turun terus

         Waduh saham turun setiap hari ? gimana nih harus jual atau beli lagi saat harga rendah ? tapi kalau membeli saham dengan harga rendah seperti harga saham yang setiap hari turun yang hampir hilang 50% ini butuh berapa lama untuk pulihnya ? sedangkan banyak kasus karyawan yang sudah terkena PHK pusing deh pusing , hei investor jika kalian sekarang dilema seperti kalimat diatas ? berarti itulah yang dirsakan oleh semua investor saat ini , Indonesia bahkan dunia saat ini sedang mengalami penurunan ekonomi yang diakibatkan oleh virus yang saat ini menyerang Indonesai dan dunia , hampir semua terkena imbasnya , ketika kita melihat saham yang setiap hari turun , tentu kita akan was was jika kalau harga saham anjlok dan uang yang kita investasikan ke saham akan terus turun , mengerikan bukan ? namun apa yang harus dilakukan ketika saham turun ? kali ini kita akan belajar bersama apa yang harus dilakukan ketika saham turun setiap hari seperti saat ini.

Daftar Isi
  1. Cara Mengatasi Kerugian Investasi Saham
  2. Q&A Mengenai Mengatasi Saham yang turun
  3. Waktu paling tepat investasi saham
  4. Penutup

1.CARA MENGATASI KERUGIAAN INVESTASI SAHAM.

        Sewaktu investasi saham kita turun , kita mungkin berfikir " Wah ! saya rugi dong , saya simpan semua investasi saham saya atau jual saja ? tenang investasi saham itu ibarat bisnis kadang naik kadang turun mengikuti kondisi ekonomi terkini. Dalam jangka pendek , NAB bisa saja turun , namun tidak perlu khawatir dana kamu dikelola oleh Manajer Investasi Profesional , tetap sabar dan fokus pada tujuan investasi jangka panjang.

         Langkah cerdas mengatasi investasi yang rugi adalah tetap santai dan tidak melakukan apa apa , termasuk tidak menjual saham kita terlalu dini ketika pasa begejolak seperti ini , tetap melakukan investasi secara rutin kembali lagi pada tujuan awal kita investasi saham jangka panjang.

Kenapa harus konsisten nabung rutin ?

            Sejarah membuktikan bahwa , setiap penurunan pasar yang terjadi , akan selalu kembali naik dalam jangka panjang , pasar yang tadinya buruk akan berubah menjadi ladang investasi yang siap kita panen di masa depan. Kita tidak perlu berusaha menang melawan pasar , karena secara probabilitas dan stastik , kita percaya pasar tetap akan naik dalam jangka panjang. Dalam investasi , melakukan market timing adalah hal yang sulit bahkan bagi seorang profesional investor sekalipun. Lebih baik untuk tidak peduli dengan kondisi ekonomi dan fokus jangka panjang.

2.Q&A Mengenai Mengatasi Saham Yang Turun.

         Dengan kondisi seperti ini perlukah kita melakukan cut loss ? jawabannya adalah tidak , kenapa ? karena bisa saja kamu bisa kehilangan kesempatan untuk take profit setelah dunia investasi kembali normal. Kalau menjual sekarang kamu malah semakin rugi karena menjual investasi saat nilainya turun. Jadi dalam menghadapi kondisi seperti sekarang ini sebaiknya kamu tetap " Keep Calm and Stay Invested " dan usahakan tetap konsisten dengan tujuan awalmu.

        Kalau kamu berniat untuk top up investasi , inilah saatnya karena harganya sedang diskon , tapi usahakan jangan terlalu banyak porsinya , lebih baik mencicil sedikit demi sedikit investasi saham kita namun kita lakukan secara rutin. Dan saat pasar kembali normal investasimu berpotensi menghasilkan keuntungan yang lebih baik.

Sesi Q&A , ada beberapa pertanyaan yang banyak orang pertanyakan ke mimin , berikut pertanyaan yang paling banyak di tanyakan.

1.Q : Kenapa harga reksadana saham naik , sedangkan reksadana obligasi malah turun pada saat ini ?

A : ini dikarenakan IHSG ( pasar saham ) turun cukup dalam dan valuasi sudah menjadi afraktif sehingga banyak investor beli lagi pembelian ini , hal ini mengakibatkan kenaikan pasar saham , sedangkan reksadana obligasi dipengaruhi oleh nilai tukar rupiah yang masih tertekan dan rencana pemerintah untuk menaikan defisit  anggaran , jika ekonomi membaik dan nilai rupiah sudah mulai stabil seharusnya pasa obligasi juga ikut membaik

2.Q : Investasi saya sudah turun cukup besar , apakah saya harus beli lagi atau menunggu dulu ?

A : Sebaiknya mulai mencicil beli karena pada dasarnya investasi itu untuk jangka panjang dan pada saat ini harga masih relatif murah , bila kamu mencicil membeli dari sekarang potensi keuntungannya akan lebih baik saat pasar mulai normal kembali.

3.Q : Kenapa pasar uang tidak berpengaruh sama sekali oleh pandemi virus ini ?

A : Pada Reksadana pasar uang , mayoritas  dananya ditempatkan di deposito atau obligasi jangka pendek yang cukup stabil , karena itu tidak terlalu berpengaruh fluktuasi pasar saat ini.

Itu adalah beberapa pertanyaan yang banyak sekali ditanyakan oleh rekan rekan investor , lalu apakah ada pertanyaan lainnya ? jika ada kalian bisa mengirimkan pertanyaan melalui kontak person yang tertera dibawah.

3.Waktu paling tepat untuk investasi saham.

       Kapan waktu yang tepat investasi ? banyak investor mencari rahasia atau tips jitu untuk menghasilkan keuntungan yang besar dalam waktu singkat. Pada kenyataannya sebagian besar investor tidak akan menemukan solusi ajaib tersebut. Beli di harga yang rendah dan menjual diharga yang tinggi ? tidak semudah yang dibayangkan , mencari waktu yang tepat sampai sukses investasi dibutuhkan pengetahuan dan riset yang mendalam membaca trend pasar dan kondisi ekonomi , bukanlah hal yang mudah untuk pemula. Sebenarnya tidak ada seorangpun yang mampu menebak atau memprediksi secara akurat dan konsisten tentang pergerakan pasa modal , bahkan hanya 1 dari 20 Manajer Investasi Profesional yang mencoba membeli atau menjual di waktu yang tepat berhasil mengalahkan benchmark mereka.

           Kunci sukses berinvestasi sebenarnya sederhana dan bisa dilakukan bahkan untuk investor pemula , Rahasia untuk sukses berinvestasi adalah tetap konsisten dalam membeli saham , kalian bisa mencicil cicil sembari menunggu pasar global membaik.

4.PENUTUP

            Setelah membaca artikel ini apakah kalian tahu apa yang harus dilakukan ketika saham terus turun setiap harinya ? ya intinya kembali kepada tujuan investasi kita dan tetap konsisten , berdoa agar ekonomi global cepat pulih , mungkin sampai disini dulu kelas kita mengenai " apa yang harus dilakukan ketika saham turun " semoga dapat memberikan wawasan dan manfaat buat teman teman , jika kalian suka dengan artikel ini kalian bisa share dan komen dibawah. Saya ucapkan terima kasih banyak kepada Tuhan YME dan beberapa refrensi saya untuk menulis artikel ini , akhir kata Wassalamualikum .wr.b

Tidak ada komentar untuk "Saham turun ? Inilah cara menyikapi ketika saham turun"